Jumat, 18 November 2016

CARA AGAR BISA CEPAT DAN MUDAH MEMBACA AL-QURAN

5 cara agar bisa cepat dan mudah membaca Al-Quran dengan baik dan benar
1. Kuasai Huruf-Huruf Hijaiyah
Inilah awal untuk membaca Al-Quran. Oleh karena itu, penguasaan huruf hijaiyah dan cara melafalkannya sangat penting untuk menguasai dan mempercepat belajar membaca Al-Quran.

2. Kuasai Tanda Baca
Setelah paham dengan huruf hijaiyah, langkah selanjutnya adalah menguasai tanda baca. Misalnya,     kapan sebuah huruf harus berbunyi a, i, atau u.

3. Kuasai Isyarat Bacaan
Menguasai isyarat bacaan adalah mengetahui kapan sebuah huruf dibaca pendek, ditahan, atau             diayun (diberi irama). Karena Al-Quran itu indah dan mengandung unsur irama dan seni.
Rasulullah saw. pernah berpesan: 
"Perindahlah dan hiasilah bacaan Al-Quran kalian seindah mungkin dan semampu dan sebisa kalian untuk memperindah."

4. Menguasai Ilmu Tajwid
Menguasai ilmu tajwid dan hukum-hukum itu tidak sesulit yang dibayangkan. Semakin banyak           dipraktikkan, semakin cepat ilmu tajwid dikuasai. Bahkan, sekarang ini sudah ada Al-Quran               bertajwid sehingga semakin mempermudah pembacaan Al-Quran.

5. Jangan Takut Salah dalam Membaca Al-Quran
Banyak orang yang tidak mau belajar membaca Al-Quran karena takut salah. Padahal, dari                 kesalahan itulah seseorang jadi mengerti dan mendapatkan ilmu dari kesalahan tersebut. Kalaupun     salah saat belajar membaca Al-Quran, hal itu ternyata tidak dihitung dosa, tetapi berbuah pahala.
Rasullullah saw. bersabda:
"Barang siapa yang membaca Al-Quran, ia akan mendapatkan kebaikan, dan kebaikan itu berlipat sampai 10 kali kebajikan. Sungguh, aku tidak pernah mengatakan bahwa kalimat alif laam miim itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf."


Itulah 5 cara agar bisa cepat dan mudah membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Semoga bisa diikuti dengan baik dan bermanfaat ;)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar